Cara Penyebaran Virus Komputer Secara Umum

Cara Penyebaran Virus Komputer Secara Umum

Virus komputer memanglah sangat berbahaya dan dapat mengancam suatu komputer atau perangkatnya, virus tersebut dapat mengobarak - abrik suatu komputer sehingga menimbulkan kerusakan - kerusakan. Virus tersebut juga dapat mencuri informasi dengan cara menyebar dan menularinya, dan banyak media sebagai penyebaran virus tersebut, media tersebut juga banyak digunakan oleh para pengguna komputer, jadi semakin banyak media yang digunakan maka semakin leluasa untuk virus menyeberkan atau menularinya sehingga komputer atau perangkat korban menjadi terinfeksi.

Berbagai media yang di gunakan untuk virus komputer dalam penyebarannya biasanya melalui :

1. Flashdisk, Disket. Harddisk External, Media Storage R/W
Media penyimpanan eksternal seperti flashdisk, harddisk eksternal, cd, disket, dan card reader dapat menjadi sasaran yang empuk bagi virus untuk dijadikan media. Baik itu sebagai tempat menetap maupun sebagai media penyebarannya. Media yang sering atau sangat mungkin untuk di tumpangi virus dan dijadikan sebagai media penyebarannya yaitu media yang melakukan operasi R/W (Read dan Write). Media penyimpanan seperti ini banyak digunakan oleh pengguna komputer contohnya seperti flashdisk, karena mudah dibawa kemana - kemana sehingga menjadi lebih praktis dalam penyimpanan file, dan ukuran file yang sering disimpan dalam flashdisk ini relatif lebih kecil, jika untuk menyimpan file dengan ukuran lebih besar dapat menggunakan media penyimpanan seperti harddisk eksternal. Disinilah virus mempunyai strategi untuk penyebarannya karena banyak pengguna komputer yang menggunakan media penyimpanan tersebut.

2. Jaringan
Jaringan banyak sekali digunakan, terutama pada suatu instansi karena mempermudah dalam proses berkerja, sehingga menjadi lebih cepat, praktis dan efesien. Hubungan antara dua atau beberapa komputer secara langsung sangat memungkinkan suatu virus untuk ikut berpindah saat terjadi pertukaran file atau data yang mengandung virus, dan disitulah virus mulai mengobrak - abrik komputer lain yang menerima file atau data yang mengandung virus serta virus juga dapat menggandakan diri saat terjadinya penyebaran.

3. Internet
Pada saat ini internet seperti menjadi suatu kebutuhan khusus bagi para penggunanya, karena dikenal lebih mudah dan murah dalam penggunaannya. Sekarang memang sangat banyak proses penyebaran virus melalui media - media tertentu seperti internet. Sangat mungkin suatu situs dengan sengajanya menanamkan atau memberi virus, sehingga bagi komputer - komputer yang mengaksesnya akan terkena infeksi dari virus tersebut. Di internet memang sangat banyak yang mengandung suatu virus yang dapat membuat suatu perangkat komputer terancam, baik itu dari segi komponen, file atau data, dan masih banyak ancaman lainnya

4. Software
Banyak sekali virus yang sengaja ditanamkan atau diberi pada suatu program yang di sebar luaskan baik secara gratis atau trial version. Terkadang memang sangat banyak situs - situs yang mempromosikan untuk mengambil atau mendownload suatu program padahal program yang di promosikan itu belum terjamin kebenarannya atau terbebas dari virus. Mungkin setelah mendownload atau menginstall program tersebut, komputer bisa sangat terancam dari virus.

5. Attachment Pada Email, Transfering File
Hampir semua jenis penyebaran virus akhir - akhir ini menggunakan email attachment, dikarenakan semua pemakai jasa internet pastilah menggunakan email untuk berkomunikasi, dan file - file ini sengaja di buat semenarik mungkin agar mendapatkan perhatian, bahkan sering kali memiliki ekstensi ganda pada penanaman filenya. Dam tidak sedikit pengguna atau pemakai email attachment contohnya perusahaan - perusahaan, sekolah, dan lain sebagainya.

0 Response to "Cara Penyebaran Virus Komputer Secara Umum"

Post a Comment