Pengertian Komputer

Hampir segala aktifitas membutuhkan bantuan komputer, dari mulai para pelajar mengerjakan tugas-tugasnya, para gamers asyik dengan permainannya, karyawan dengan pekerjaannya, dan masih banyak aktifitas lainnya yang mengharuskan untuk menggunakan komputer. Di zaman yang serba canggih ini, peran komputer dalam kehidupan manusia menjadi lebih penting.  Namun sudah tahukan kita apa sebetulnya pengertian komputer tersebut?

Pengertian Komputer
Istilah Komputer diambil dari bahasa Yunani yaitu Computare, yang berarti menghitung. Maka secara bahasa pengertian komputer dapat diartikan sebagai sebuah alat yang dapat melakukan atau menyelesaikan perhitungan aritmatika. Pengertian komputer secara harfiah adalah sebuah alat elektronik yang mampu untuk melakukan proses pengolahan data dalam bentuk text, suara maupun gambar sehingga dapat menghasilkan output berupa informasi yang dibutuhkan.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli
Menurut McGraw Hill, pengertian komputer adalah sebuah mesin yang berfungsi sebagai alat penghitung elektronik yang dapat bekerja dengan cepat dan mampu menerima input informasi secara digital, yang kemudian di dalamnya diproses dengan suatu program tertentu yang tersimpan pada memorinya. Hasil dari proses tersebut adalah berupa informasi yang dikehendaki.

Menurut Robert H. Blissmer dalam bukunya Computer Annual mengatakan bahwa komputer adalah seperangkat alat elektronik yang dapat melakukan beberapa tugas seperti:
  • Mampu menerima data masukan atau input
  • Mampu melakukan proses pengolahan data yang diinput
  • Menyimpan perintah dan output dari pengolahan
  • Menampilkan output kedalam bentuk informasi
Pengertian Komputer Menurut Robert H. Blissmer senada diungkapkan juga oleh Donald H. Sanders dalam bukunya Computer Today. Dalam bukunya tersebut mengungkapkan bahwa pengertian komputer adalah suatu sistem elektronik yang dirancang untuk memanipulasi data dengan cepat, tepat dan akurat. Sistem tersebut telah dirancang supaya dapat secara otomatis menerima dan menyimpan inputan, lalu kemudian sistem melakukan proses sehingga menghasilkan output, dibawah pengawasan langkah demi langkah sesuai instruksi program yang telah tersimpan pada memori.





0 Response to "Pengertian Komputer"

Post a Comment