Service Komputer Kena Virus Balikpapan

Pengertian Virus Komputer adalah suatu program yang didesain khusus dengan kemampuan untuk berkembang biak sendiri dan program tersebut mampu untuk menginfeksi program atau file-file lain yang terdapat pada komputer tersebut. Cara kerja virus komputer mirip dengan cara kerja virus biologis, karena memang program ini dibuat mengikuti cara kerja virus biologis oleh karena itu maka disebutlah program ini dengan virus komputer.

Pada virus biologis mempunyai kemampuan untuk menyisipkan dirinya pada sel makhluk hidup, begitupun dengan virus komputer. Virus komputer bisa memperbanyak dirinya atau dikenal dengan istilah mengcopy dirinya sendiri lalu menempeli program lain yang terinstal pada komputer, atau menempeli data berupa jenis file-file tertentu. Sifat dari virus komputer ada yang merusak, mengganggu, atau sama sekali tidak menimbulkan efek secara langsung. Yang tidak terasa efeknya secara langsung tersebut biasanya memiliki tujuan lebih berbahaya seperti memata-matai komputer untuk tujuan mengetahui data-data penting yang ada di dalamnya.

Virus komputer pada umumnya dapat merusak sistem dan perangkat lunak, tidak secara langsung merusak hardware. Namun jika ini dibiarkan, bukan tidak mungkin virus tersebut akan merusak hardware karena komputer tersebut mengalami kesalahan proses yang berulang-ulang sehingga menimbulkan overload process pada salah satu hardware.

Cara Penyebaran Virus Komputer
Ada beberapa cara suatu virus menyebar dan menginfeksi komputer, diantaranya:

Software Ilegal
Banyak sekali yang menawarkan software-software ilegal, maksudnya adalah software yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga yang tadinya harus berbayar menjadi bisa digunakan secara gratis. Biasanya orang melakukan modifikasi tersebut menyisipkan baris program jahat di dalam software ilegal tersebut. Sehingga ketika kita menginstalnya secara otomatis program virus tersebut menempel di komputer kita.

Situs atau Website
Situs atau website juga bisa dijadikan sebagai media penyebaran virus. Ketika kita membuka sebuah situs yang terdapat program jahat di dalamnya, maka secara tidak kita sadari virus tersebut menempel pada cache yang tersimpan di dalam direktori browser yang akhirnya menyebari dan mengembang biakan dirinya pada komputer kita.

File-File Network
Virus juga dapat menyebar melalui jaringan komputer. Apabila salah satu komputer dalam jaringan terjangkit virus, maka ketika kita mengakses komputer tersebut besar kemungkinan virus akan masuk ke komputer kita melalui file-file yang ditransfer.

Download File
Seperti halnya penyebaran virus melalui situs atau website, virus juga dapat menjangkiti targetnya melalui file yang didownlaod. File yang didownload itulah yang mungkin telah terjangkit virus dan ketika kita membukanya maka virus tersebut berkembang biak dan menjalankan prosesnya di komputer kita.

Lampiran file pada Email
Lampiran file pada email menjadi media paling empuk bagi penyebaran virus. Cara kerja penyebarannya sama dengan penyebaran pada saat mendownload file.

Pertukaran Disk
Yang paling rawan dan sering terjadi penyebaran virus adalah melalui media penyimpanan seperti hardisk, microSD atau Flashdisk.






1 Response to "Service Komputer Kena Virus Balikpapan"

  1. Kami di Semarang siap menservice jika kompi kena virus
    Service Komputer Semarang

    Terima-kasih atas kesempatanya "Dexacomputer"
    Nyambung silaturrahim

    ReplyDelete